Yuk Belajar Mitos ASI dan Menyusui Bareng The Urbanmama serta Phillips Avent Sahabat Bunda

Tahun ini tidak terasa anak sulung saya, Abang Anza akan memasuki tahap sekolah dasar (SD) dan adiknya Yaya akan masuk ke TK. Insya Allah, Abang Anza masuk ke SD di usianya yaang menginjak 7 tahun kurang, sementara Yaya akan masuk TK di usia 5 tahun. Rasanya waktu cepat sekali berlalu, mereka yang rasa-rasanya baru saja belajar berjalan, belajar tidak menggunakan popok sekali pakai bahkan menyapihnya kini sudah hampir memasuki fase belajar formal.

Ah rasanya saya ingat sekali bagaimana hari-hari pertama mereka saat baru lahir dulu, hari-hari dimana yang saya lakukan hanya menyusui, memerah ASI dan (browsing kebutuhan bayi haha ) melakukan beragam perawatan bagi mereka di awal hari-harinya. Jauh sebelum saya melahirkan Abang Anza, saya memang secara khusus belajar hal apa saja yang harus saya persiapkan, saat kelahiran nanti. Selain rajin kontrol ke dokter kandungan dan mengkonsumsi bahan makanan yang baik dibutuhkan saat hamil dulu, nutrisi pengetahuan saya mengenai ASI pun tidak lupa saya persiapkan, salah satunya mengikuti kelas ASI dan belajar langsung dari para konselor laktasi jauuuh sebelum saya melahirkan.

Alhamdulilah dengan bekal ilmu yang saya rasa cukup lumayan, saya yakin untuk bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dilanjutkan dengan pemberian MPASI hingga 2 tahun. Beragam tantangan yang ada dalam memberikan ASI menjadi cambuk saya agar tetap yakin berjuang menyusui hingga usia 2 tahun. Namun kenyataan memang tidak seindah harapan. Meskipun saya menyusui Yaya persis hingga usia 2 tahun, namun saat si sulung Anza saya hanya bisa nenyusuinya hingga usia 1.5 tahun karena hamil adik aya dan membuat saya sering kontraksi sehingga mengalami flek dan memutuskan untuk stop pemberian ASI.

Namun semangat untuk terus bisa memberikan ASI kepada anak, tidak hanya kepada kedua anak saya tetapi juga memberikan semangat bagi orang-orang di sekitar saya yang baru mempunyai anak ataupun sedang hamil agar bisa memberikan ASI mereka kepada sang buah hati. Apalagi saya masuk dalam suatu komunitas ASI yang aktif memberikan semangat kepada sesama anggotanya dan juga kepada masyarakat sekitar.

Nah, karena rentang waktu yang sudah cukup lama dari pemberian ASI terakhir yakni sekitar 3 tahun lalu, saat The UrbanMama mengadakan talkshow mengenai Breastfeeding pada Kamis, 29 Maret 2018 lalu, saya langsung tertarik terutama karena temanya ialah Mitos ASI dan Menyusui. Ya, menurut saya ini sangat penting dalam proses keberhasilan pemberian ASI apalagi kita masih hidup di lingkungan yang banyak percaya akan mitos dibanding mencari tahu kebenarannya.

Talkshow yang berlangsung di Philips Service Centre kemarin ini diadakan oleh The UrbanMama dan Philips Avent dengan tujuan untuk memberikan pemahaman yang tepat akan beragam mitos ASI dan menyusui yang sering beredar di masyarakat.

Pada acara kali ini hadir sebagai pembiacara dr. Sarah Audia Hasna, seorang dokter umum dan konselor laktasi serta seorang The Urban Mama yakni Finna Yudharisman, seorang blogggers dan merupakan Breastfeeding mom.

Dr. Sarah sedang memberikan materi Mitos ASI dan Menyusui

Mama Finna berbagi kisah pengalaman menyusui

Selain memberikan penjelasan mengenai beragam mitos ASI, dalam talkshow kali ini The Urban Mama juga mengajak salah satu Urban Mama, yakni mama Finna Yudharisman yang memberikan ceritanya dalam memberikan ASI kepada sang buah hati ditengah kesibukannya sebagai seorang Bloggers dan sedang memulai bisnisnya sendiri.

Mama Finna membagi ceritanya bagaimana ia harus membagi waktu dengan baik untuk memberikan ASI Ekskluusifnya. Karena salah satu tekadnya ialah memberikan ASI eksklusif dan saat ia sedang harus keluar rumah, mama Finna selalu memberikan ASI perahnya salah satu media untuk memberikan ASIP nya menggunakan botol dot Phillips Avent. Kenapa? Karena selain mudah dibersihkan sehingga menjaga kehigienisannya, desainnya juga dibuat semirip mungkin dengan putting sehingga mencegah kebocoran ketika menyusui dan mencegah terjadinya bingung putting.

Berikut saya berikan sedikit bocoran nih mengenai mitos ASI yang sering terjadi di masa kehamilan maupun menyusui yang dibagi menjadi prenatal dan postnatal

PRENATAL

MITOS : “Bocor Kolostrum” di trimester ke-3 kehamilan menjamin kelancaran produksi ASI di 3 hari pertama pasca bersalin
Penjelasan : Penjelasan dr. Sarah, bahwa kelancaran ASI Awal di 3 hari pertama dipengaruhi oleh IMD (Inisiasi Menyusui Dini) Rawat Gabung antara ibu dan bayi, Bayi menyusu dengan latch on atau perlekatan yang benar. Jadi, kelancaran ASI tidak berpengaruh dengan “bocor kolostrum” ya moms

MITOS : Apakah perlu pemijatan payudara secara rutin pada trimester 3 agar ASI kita lancar?
Penjelasan dr. Sarah persis menjawab kejadian yang terjadi pada kehamilan saya yakni: pemijatan payudara pada kehamilan sudah dihindari karena bisa memicu kontraksi dini. Tidak perlu perawatan khusus payudara pada ibu hamil. Cukup bersihkan putting dengan kasa + air hangat (jika ada kotoran di putting)

POSTNATAL
Mitos : Benar kah ASI “belum keluar” di 3 hari pertama kelahiran itu wajar?
Nah ini yang sering juga saya dengar apalagi pas kelahiran anza dulu, saat asi saya baru keluar di hari ke 3 ia lahir. Saya karena sudah berbekal ilmu dan konselor yakin saja, bahwa cadangan makanan saat anak lahir cukup.

Berikut penjelasan dr.Sarah :
1. ASI sudah keluar walaupun jumlahnya masih sedikit sesuai kebutuhan bayi
2. Tanamkan positive mind “ASI Cukup, ASI keluar”
3. Pentingnya IMD, rawat gabung, bimbing bayi menyusu dengan latch on yang baik
4. Khusus bayi sehat cukup bulan dan tidak ada indikasi medis untuk diberikan susu formula

Mitos : ASI bening (kolostrum) tidak baik, apakah sebaiknya dibuang saja di awal?
Penjelasan : kolostrum adalah cairan hidup yang mengandung banyak manfaat. Cairan ini biasanya hadir di hari pertama kelahiran.
Fungsi dari kolostrum sendiri :
1. Sebagai antibodi pertama
2. Mengandung zat pencahar
3. Mengandung sel-sel hidup pertahanan tubuh
4. Menurunkan resiko breastfeeding jaundice
5. Kaya nutrisi yang dibutuhkan bayi di awal kehidupan

Mitos : Wajarkah apabila puting nyeri saat menyusui ?
Penjelasan dr. Sarah, puting tidak akan nyeri jika bayi menyusui dengan latch on yang benar. Nah bagaimana cara menyusui dengan latch on yang benar, Urbanmama bisa mencari tahu pada dokter anak maupun konselor laktasi hingga mencegah posisi menyusui yang kurang baik

Mitos : Apakah benar Ibu dengan payudara kecil berarti menghasilkan ASI yang sedikit ?
 Nah penjelasannya ialah banyak tidaknya ASI tidak dipengaruhi ukuran payudara, akan tetapi tergantung seberapa sering bayi menyusu. Jadi tidak perlu khawatir lagi ya moms

Mitos : puting kecil, terbenam, besar akan menyulitkan bayi menyusui dengan benar. Apakah benar?
 Fakta nya ialah menyusui berada di areola bukan di puting. Jadi apapun bentuk putingnya tetap bisa menyusui ya mama

Mitos : Apakah sebelum menyusui, ibu perlu mencuci putingnya agar bersih?
 Penjelasan dr. Sarah, mama tidak perlu mencucui putingnya dulu cukup oleskan ASI sebelum dan sesudah menyusui

Mitos: Apakah benar kalau ibu makan pedas, anaknya bisa diare?
 Biasanya para ibu menyusui pola makannya lebih besar dan ingin makan segala jenis makana, nah penjelasan dr.Sarah hubungannya dengan diare pada bayi disebabkan paling banyak karena infeksi (virus/bakteri/parasite), perubahan pola BAB karena intoleransi protein asing pada makanan ibu.

Mitos : Apakah produksi ASI ditentukan oleh seberapa banyak hasil perahan ASI?
 Penjelasan : Ingat saja proses demand dan supplay. ASI akan dihasilkan sesuai dengan permintaan bayi

 Mitos : Apakah bayi menyusui harus langsung di 2 payudara karena yang sebelah kanan itu makanan, payudara kiri minumannya supaya bayi kenyang?
 Penjelasan : bayi yang paling tahu kapan dia lapar dan kapan dia kenyang, kita ikuti saja kemauan bayi

Mitos : Apakah betul bayi harus menyusu 2 jam sekali?
 Penjelasan : bayi menyusu tidak dijadwal, ada kalanya dia sedang mengalami periode growth spurt sehingga menyusu lebih sering bisa setengah jam atau sejam sekali, ikuti saja kemauan bayi. Bayi tidak mengenal waktu !

Mitos : Apajah ASI encer tidak baik, ASI kental baru baik
 Penjelasan : kembali lagi pahami mengenai foremilk dan hindmilk ya mama. Karena ada dua cairan yang berbeda didalam ASI yang kental maupun cair. Keduanya mempunya fungsi yaang berbeda

Mitos : Apakah bayi 0-6 bulan butuh air putih ketika cuaca panas?
 Penjelasan : ASI hampir 90% terdiri dari air jadi bayi tidak membutuhkannya

Mitos: ibu yang terkena penyakit infeksi harus berhenti sementara menyusui, takut bayi tertular
 Penjelasan : ASI mengandung sel-sel pertahanan tubuh yakni antibodi yang dibutuhkan bayi untuk meningkatkan imunitasnya.

Mitos : bayi yang diare membutuhkan air atau susu formula khusus, ASI sebaiknya dihentikan dulu.
 Penjelasan : ASI justru sangat dibutuhkan bayi ketika diare, dapat digunakan sebagai terapi pengganti cairan untuk mencegah dehidrasi berkelanjutan

Mitos : Jika bayi sudah diatas 6 bulan perlu ditambahkan susu formula untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya
 Penjelasan: start 6 bulan MPASI menu 4 bintang menurut WHO, ASI dilanjutkan sampai 2 tahun atau lebih

 Mitos : Bayi yang terus rewel bisa jadi ASI kurang sehingga perlu ditambahkan susu formula
 Penjelasan : cari penyebab bayi menangis

 Mitos : tiba-tiba bayi saya minta nyusu terus seperti tidak kenyang-kenyang
 Penjelasan : Nah Urban Mama harus paham mengenai growth spurt. Yakni kondisi dimana lonjakan pertumbuhan anak akan disertai juga dengan lonjakan kebutuhan asupan nutrisinya, yakni ASi

 Mitos : Jika ibu mengkonsumsi obat-obat apapun harus menghentikan menyusui
 Penjelasan: ada pilihan obat aman untuk menyusui. Perhatikan benefit and risk, konsultasi ke dokter. Tidak disarankan konsumsi Jamu

 Mitos : sekali ibu tidak menyusui, ibu tidak akan bisa menyusui bayinya lagi (kasus nursing strike)
 Penjelasan : Ada metode relaktasi, tetapi ibu harus minta bantuan konselor laktasi

Mitos : Ibu menyusui perlu pantang banyak makanan agar bayi tidak alergi
 Penjelasan: makan dengan gizi seimbang. Jika bayi menunjukkan tanda alergi segera konsul ke dokter spesialis anak

Mitos : menyusui membuat BB saya susah turun
Penjelasan: Justru cepat menurunkan. Walaupun kebutuhan kalori nya besar tapi menyusui dapat menyebabkan kehilangan kalori 350-500 kalori (pengaruh hormonal menyusui). Makanan Gizi seimbang

Mitos : Keberhasilan menyusui hanya tergantung dari perjuangan ibu
 Penjelasan: Dukungan besar dan kuat dari ayah, keluarga, teman dan tempat kerja dapat meningkatkan keberhasilan menyusui

Bu Shanti dari Philips Avent Sahabat Bunda memberikan informasi mengenai produk yang cocok untuk para Breastfeeding Mama dalam membantu proses menyusui dan MPASI

Nah, karena banyak keingintahuan para Urbanmama terhadap produk Philips Avent khususnya yang terkait dengan breastfeeding maupun MpASi, maka Bu Shanti selaku pihak dari Philips Avent pun memberikan penjelasan mengapa banyak produk dari Philips Avent yang kini bisa digunakan dalam membantu kelancaran pemberian nutrisi bayi dan anak. Karena kegiatan paraa urban mama yang cukup padat terutama para Urbanmama yang bekerja diluar, maka Philips Avent memberikan beragam kemudahan untuj menemani para Urbanmama untuk dapat tetap memberikan asupan ASI dengan bantuan tehnologi terkini. Karena selain kita bisa menemui botol philips avent, beragam produk lain seperti breastpump (pompa asi), bahkan blender untuk pembuatan mpasi pun menajdi lebih mudah.

Acara seru kemarin pun ditutup dengan demo masakan mpasi dari tim philips avent dan fotto bersama para Urbanmama. Terima kasih The Urbanmama, Philips Avent sahabat Bunda, yang telah me-reminder saya kembali mengenai ilmu mitos ASI dan menyusui. Semoga semakin banyak Urbanmama yang bisa memberikan ASInya secara eksklusif dan lanjut MPASi kepada ananda tercinta

Demo MPASI
Foto bersama TUM, Philips Avent (Bu Shanty), dr. Sarah, Mama Finna

Breastfeeding is a journey of love, enjoy the process

A.sabhrina

Advertisements

4 thoughts on “Yuk Belajar Mitos ASI dan Menyusui Bareng The Urbanmama serta Phillips Avent Sahabat Bunda

  1. aku walau udah menyusui 3 anak. pas kemaren dateng trus di jembrengin soal mitos asi ini, masih ada loh yang aku ngga tau..

  2. Weits info ttg mitos2 pemberian ASI nya lengkap bgt siss 😁 ku jd terbantu bacanya, scara lahiran selang 4,5thn kaan jd hrs ttp update sama info2 penting kyk gini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s