Yuk buat kreasi 10 resep kue lebaran tanpa oven bersama Blue Band Cake and Cookie

Semenjak menempati rumah sendiri dan memiliki 2 orang buah hati, mau tidak mau saya sering terjun langsung ke dapur membuat beragam makanan serta masakan untuk keluarga dirumah. Meskipun bukan skala profesional layaknya seorang chef, namun peran sebagai Ibu dalam keluarga yang akhirnya “menyeret” saya untuk lebih dalam mempelajari beragam resep masakan yang mudah digunakan sehari-hari.

Resep masakan dan makanan yang sering saya gunakan banyak berasal dari kedua ibu saya, baik ibu kandung maupun ibu mertua. Kenapa karena suami yang memang berasal dari tanah wong kito seringkali meminta saya membuat masakan yang berasal dari daerahnya dan dibuat oleh ibu mertua saya. Sementara saya yang sedari kecil terbiasa dengan menu rumahan pun kadang bertanya via telefon kepada ibu mengenai resep suatu masakan kalau saya rasa bumbu atau tehnik yang saya gunakan kurang tepat.

Namun tidak semua jenis masakan bisa saya buat. Kenapa? Karena keterbatasan “alat tempur” yang saya miliki. Saya tidak memiliki oven dirumah jadi terkadang itu menjadi kendala buat saya untuk membuat suatu hidangan dengan tehnik memanggang atau kue cantik yang sebaiknya dimasak dalam oven. Biasanya untuk menyiasati hal ini, saya menggunakan media teflon / pemanggang dua sisi. Masalahnya, tingkat kematangan jadi kurang tepat dan ini yang terkadang membuat saya kesulitan untuk membuat beragam hidangan dengan menggunakan oven sebagai media masak.

Salah satu kreasi saya, Cheese Cake Oreo dengan menggunakan teflon

Nah, kebetulan hari Sabtu kemarin (20/5/2107) saya diundang oleh Tim The UrbanMama untuk datang ke acara No Oven Baking oleh Blue Band Cake and Cookie. Wah pastinya seru acaranya karena saya bisa mengambil tips dan triknya bagaimana membuat hidangan kue tanpa menggunakan oven. Apalagi tema kali ini ialah Blue Band Cake and Cookie hadirkan 10 Resep Kue Khas Lebaran Tanpa Oven. Makin pas dong apalagi menyambut bulan suci Ramadhan jadi buat bekal bikin kue lebaran untuk anak-anak dirumah.

Acara yang bertempat di restoran Lucy in The Sky, SCBD Building Jakarta dibuka oleh Amy Zhein selaku MC. Dan mengundang para pembicara yakni, Nando Kusmanto, Brand Manager Blue Band, Chef muda berbakat yang mahir dalam urusan pastry, Chef Ayu Anjani Rahardjo dan Ayudia Bing Slamet, artis dan ibu dari 1 orang anak.

Talkshow 10 Resep Kue Lebaran No Baking bersama Chef Anjani, Ayudia Bing Slamet, Bapak Nando

Chef Ayu Anjani Rahardjo yang diajak berkolaborasi dengan Blue Band Cake and Cookie mengatakan, ” Selama proses menciptakan 10 resep ini sangat tertantang karena harus menciptakan modifikasi untuk kue-kue yang sangat khas disajikan saat lebaran sehingga kue-kue itu dapat dibuat tanpa perlu menggunakan oven. Bagi saya itu menantang, karena rasa dan tesktur tetap harus klasik seperti yang dikenal banyak orang, namun dengan cara baking yang sangat berbeda. Saya berharap 10 resep kue khas lebaran tanpa oven ini bisa membuat para ibu lebih bersemangat menyiapkan kue untuk hari raya Lebaran nanti”

Sementara Ayudia Bing Slamet yang ternyata hobi baking ini juga sering menyempatkan diri membuat masakan untuk keluarga dirumah disela kesibukannya, khususnya untuk si buah hati Sekala. Dirinya bercerita saat moment lebaran, biasanya Ayudia yang biasanya dipanggil Ayu ini yakni saatnya keluarga besar berkumpul dan banyak makanan serta kue-kue enak. Ayu pun ingin membuat kreasi kue bagi keluarganya karena menurut dia, “Salah satu mimpi saya ialah bisa buat kue lebaran sendiri untuk suami dan anak kalau sudah besar, suami dan dan anak juga ikutan bikin kue bareng-bareng, sampai akhirnya suatu hari nanti saya punya resep kue khas lebaran andalan saya, kue ala Ayudia.”

Namun karena usia anak yang masih kecil, dan baru menikah, peralatan baking yang masih belum komplit seperti ibunya serta bingung mencari resep. Maka Ayudia belum berani mencoba membuat kue lebaran sendiri karena takut gagal, meskipun ia sesekali suka membuat kue seperti Chocolatte chip dan berhasil. Jadi saat tau ada resep tanpa oven Blue Band di website menurutnya ini sangat membantu ” Jadi nggak sabar mau mencoba sendiri, praktis, pasti enak dan kelihatannya pun mudah dibuat.”

Mengapa Blue Band Cake and Cookie tertarik untuk memberikan 10 resep kue khas lebaran tanpa oven? Menurut Bapak Nando, ini merupakan komitmen Blue Band untuk membuat momen baking Ibu dalam menciptakan kreasi kue khas Lebaran bagi keluarga menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

Semua kue ini dibuat tanpa menggunakan Oven, yummy
Demo memasak Chef Anjani

Berikut 10 resep kue khas lebaran kreasi Chef Ayu Anjani Rahardjo tanpa menggunakan oven, yakni 

1. Kastengel

2. Nastar Keju

3. Putri Salju Pandan

4. Bola Mentega

5. Chocolate Chip Cookies

6. Kue Kacang Strawberry

7. Kue Kelapa Kismis

8. Kue Sus Keju

9. Kue Putu

10. Rainbow crispy treats

Favorit saya sih, Nastarnya. Aduh enak bangeeeeeeet! pas nanasnya, lumernya. Gak kebayang buat nastar tanpa oven dan hanya menggunakan media panci kukus. Kalau mau cek resep lengkapnya bisa ke cek disini dan facebook Blue Band Indonesia

Oiya acara Sabtu kemarin ternyata acaranya tidak hanya berbagi resep No Oven Baking saja, namun juga mengajak kita semua langsung membuat beragam kue tersebut dalam ajang lomba. Peserta dibagi dalam 6 grup yang masing-masing grup terdiri dari 5-6 orang. Ada 3 macam kue yang dibuat yakni, kue putu, nastar keju dan kastengel. Kebetulan tim saya mendapat tugas untuk membuat Kue Putu. Berbekal resep dari lihat disini kami langsung bergerak cepat mengikuti instruksi resep yang tertera. Ada yang mengaduk, mengukus, saya sendiri membacakan resep jadi harus teliti agar tidak ada bagian yang terlewat.

Area lomba memasak
Booth menghias toples

Selain itu kami diberi kesempatan unuk menghias toples agar dapat digunakan sebagai wadah untuk kue-kue cantik saat Hari Raya nanti, sambil menunggu kue kami matang. Daaan tanpa disangka, tim saya menang karena rasa yang pas, tingkat kematangan juga dan hiasan yang cantik. Sebagai hadiahnya kami mendapatkan 1 buah Bread Toaster dan Voucher dari Sodexo. Terima kasih Blue Band Cake and Cookie.

TUM Blogger July, Nike, Natasha, Lia, Sandra and Me
Kue putu yang jadi juara 1
Kelompok 2 yang berhasil keluar menjadi juara 1. Pic courtesy of Andra Alodita

Ah rasanya saya tidak sabar untuk membuat resep lainnya bersama kedua little chef saya dirumah, selamat baking….. 

2 Replies to “Yuk buat kreasi 10 resep kue lebaran tanpa oven bersama Blue Band Cake and Cookie”

Leave a Reply

