Ayo percantik ruang kerjamu dengan ArtWorks dari Spasium.

Tahun 2017 ini, saya mempunyai keinginan untuk mengubah sedikit detil dari klinik gigi saya, Griya Gigi Sehat Sabhrina. Tadinya hanya ada klinik gigi beserta ruang tunggu, namun semenjak bulan April kemarin saya coba mengubahnya dengan menambah bagian yang berada didepan ruang tunggu menjadi tempat bermain anak dan perpustakaan mini.

Rencananya, selain sebagai tempat bermain anak saat menunggu giliran berobat di klinik gigi. Orang umum pun bisa datang berkunjung dan membaca buku disana, selain itu bisa dipergunakan dalam hal lain seperti mini talkshow, kelas bermain anak, bahkan story telling. Namun karena keterbatasan biaya, jadi proyek mini perpustakaan ini baru setengah berjalan dibandingkan klinik yang hampir berjalan 2 tahun lamanya.

Mini Library and Kids Corner

Sebelumnya saya tidak pernah belajar mengenai tata cara manajemen baik mengelola klinik atau pekerjaan kantor. Semua saya pelajari dari nol. Dari bagaimana mengatur pembukuan, kemudian mengatur alat dan bahan apa yang akan digunakan, mencari supplier hingga urusan kecil lain seperti sofa apa yang akan saya pakai, dekorasi seperti apa, yang ternyata banyak urusan yang harus saya lakukan. Suami saya dengan latar belakang IT, cukup membantu saya dalam mengurus sistem manajemen klinik dan mengatur format dalam pembukuan secara teratur di media elektrik yang sangat memudahkan saya dalam bekerja. Karena kembali lagi dengan modal yang tidak terlampau besar, jadi saya harus menjalankan semua sendiri.

Saya ingat bagaimana saya harus mendekorasi sendiri ruangan kosong hingga berbentuk klinik gigi yang sekarang saya tempati hingga kurang lebih 2 tahun ini. Mulai dari material sofa yang kami gunakan, memilih furniture untuk kebutuhan meletakkan alat-alat, tata letak hingga pemilihan wallpaper dan wallart yang pastinya harus sesuai dengan budget. Kenapa penting ada ornamen seperti wallart? Karena saya tidak mau klinik gigi saya nantinya menjadi monoton, terlampau sepi hiasan dan tidak sesuai dengan karakter saya.

Akhirnya mau tidak mau, saya belajar juga mengenai tata letak klinik gigi yang benar. Dari posisi dental unit, posisi lemari alat yang nantinya harus memudahkan saya dalam bekerja bila saja tidak ada asisten yang membantu. Dan semua saya belajar dengan metode browsing saja. Mengenai warna yang saya pilih serta kecocokannya dengan warna lain, dan apakah nantinya saat digabung dengan dental unit menjadi ramai atau tidak. Begitupun dengan wallpaper apakah masuk dengan seluruh ornamen furniture yang ada.

Begitupun untuk urusan dekorasi ruangan, saya memilih untuk memulai dari pemilihan wallpaper terlebih dahulu. Saya pilih yang polos agak terang dan tidak banyak pola agar ruangan terlihat lebih besar serta menghindari kebosanan bila digunakan dalam kurun waktu tertentu. Kemudian baru saya pilih furniture yang saat itu saya pilih lebih berwarna seperti merah dan ditambah beberapa ornamen seperti putih dan abu-abu. Mengapa merah? Agar mudah diingat sesusai dengan logo klinik yang berwarna merah juga.

Klinik Gigi Griya Gigi Sehat Sabhrina

Sementara untuk wallart yang menghiasi dinding klinik saya pun banyak menggunakan warna merah. Agar masih senada dengan beberapa elemen yang sudah ada. Namun saat itu, masih belum banyak opsi yang menawarkan wallart bagi klinik maupun rumah sakit dengan gaya yang unik. Akhirnya saya memutuskan untuk membuatnya sendiri. Saya ambil garis besar warna yang akan saya gunakan untuk wallart ialah warna merah dan akan diletakkan pada satu dinding saja sebagai pemanis ruangan dan signature dari klinik gigi saya.

Saat itu yang terpikir oleh saya, saya ingin membuat sesuatu yang beda dari bahan yang memang ada dirumah. Akhirnya saya buat beberapa artworks yang hingga kini masih terpajang di klinik gigi Griya Gigi Sehat Sabhrina, seperti

handwriting saya, dengan tulisan brush your teeth

art string yang saya buat sendiri dari sisa kayu bekas yang saya cat merah kemudian saya buat pola gigi. Kemudian pada pola tersebut saya berikan paku kecil dan melilitkan benang putih sehingga terlihat sulaman gigi diatas kayu merah

1 lukisan saya dengan tulisan sabhrina, which is my last name hehe

2 buah foto bunga, yang dibeli di salah satu toko furniture

1 buah wallart hasil kreasi saya sendiri dari sisa baju yang tidak terpakai. Hehe. Saya suka sekali dengan motif baju tersebut. Tapi karena sudah usang, saya ambil sisa bahan tersebut dan direkatkan pada kanvas. Voila jadilah hiasan di dinding.

My Art Works

Nah sekarang saya ingin mempercantik satu dinding lagi nih yang berada tepat di depan dental unit dan seperti yang saya bilang diatas, yakni tempat bermain serta mini perpustakaan anak. Saya tadinya berpikiran untuk meletakan beberapa artworks yang bisa menggambarkan cara menyikat gigi dengan benar atau gambar unik tapi tetap modern. Karena seperti yang saya bilang, saya tidak mau monoton tapi ingin beda juga dari yang lain hehe. Dan secara tidak sengaja saat browsing untuk mencari ide, saya bertemu dengan Spasium. Dari pertama buka websitenya http://www.spasium.com, saya gak berhenti untuk cari ide wallart apa yang sekiranya bisa diletakkan di dinding klinik maupun perpustakaan mini saya.
Kenapa Spasium? Spasium ialah platform yang menyediakan artworks dari para seniman terpilih Indonesia. Mereka punya banyak pilihan artworks yang siap pakai dan sesuai dengan keinginan saya, modern tapi juga unik dan limited. Ini yang penting bagi saya, karena itu akan jadi ciri khas tempat kerja / klinik saya. Saya tidak mau banyak orang yang juga memakai artworks tersebut. Dan juga mengapresiasi para artist/ desainer yang telah membuatnya, karena artworks menurut saya proses kreasi dan hasil pemikiran kreatif yang harus diapresiasi. Sekitar 60 local artist atau desainer yang tergabung dalam Spasium menyumbangkan karya terbaik mereka dengan harga yang sangat kompetitif dan berlisensi. Artworks yang tersedia pun hadir dalam beragam media seperti format siap pasang, printed (repro) dengan limited copy, kanvas maupun frame dengan standard produksi khusus. Wah makin kepengen banget bawa pulang dan meletakannya di sudut tempat kerja saya.

Oiya, cara pembeliannya pun mudah. Bisa datang langsung ke beberapa store yang bekerja sama seperti Ethnic Craft, Beranda, Alvin T  dan store lainnya atau secara online melalui website atau cek ke sosial media mereka. Kamu bisa cari artworks yang sesuai dengan kebutuhanmu dan tidak lama lagi sudah menghiasi dinding tempat kerja atau mempercantik sudut rumah. Mudah bukan untuk mencari artworks yang eksklusif dan berlisensi namun dengan harga terjangkau

Saya setelah browsing naksir banget sama rangkaian seri freedom. Dari freedom #1 hingga freedom #6 karya Nady Azhry. Aduh keren banget, kebayang diletakkan seri freedom itu di bagian perpustskaan dan playground anak di ruang tunggu klinik dengan beragam gambar binatang tapi dikemas dengan sangat cantik dan modern. 

Pic. Courtesy of Spasium.com

Kenapa saya dengan mudah bilang itu favorit saya? Karena Spasium memudahkan saya dalam konten pencarian. Ada beberapa kategori tema artworks disana seperti abstract and patterns, conseptual, animals, cities, culture, futuristic, human activities and nature

Nah jadi tidak perlu bingung lagi untuk mempercantik sudut ruangan Rumah, Tempat usaha, Restoran maupun Kantor bahkan Klinik dan Rumah Sakit sekalipun. Untuk menghidupkan suasana ruangan, bisa menggunakan alternatif artworks seperti yang saya juga pakai. Dan bisa belajar juga bagaimana memilih padu padan dalam mendekorasi ruangan, serta tips dan triknya dalam blog Spasium http://blog.spasium.com

Oiya, buat kamu yang suka sama koleksinya Spasium, ikutan yuk acara giveaway Blogger Perempuan x Spasium. Hadiahnya kamu bisa pilih artworks apapun dengan nilai 2 juta rupiah. Buruan kontes akan berakhir tanggal 20 Mei 2017.

Jadi, dari koleksi-koleksi yang ada di Spasium mana yang menjadi favoritmu? Sebutkan judul karya, nama artis dan alasan kamu memilihnya ya di kolom komentar dibawah ini.

Happy hunting! 

A.sabhrina

Leave a Reply

