Yuk Belajar NgASI Dalam Kelas Mini edukASI

Beberapa pekan lalu saya mengikuti kelas mini edukASI bagi para pengurus GarASI Kita. Seperti yang sudan terlihat di timeline sosmed saya hahahhaa *pret remahan rengginang sapa juga yang notice yaaak.

Sebenernya apa itu GarASI Kita. GarASI kita bukan tempat parkir mobil buat kita haha tapi kepanjangan dari Gerakan Peduli ASI di Tangerang Selatan dan sekitarnya. GarASI kita ialah komunitas yang aktif memberikan pemahaman pentingnya memberikan ASI eksklusif dari bayi baru lahir hingga 6 bulan dan lanjut 2 tahun dengan tambahan Makanan Pendamping ASI.

Saya masuk ke GarASI kita sekitar 2 tahun lalu, tidak ada niatan khusus ingin jadi Ahli menyusui misalnya? Haha tidak sama sekali. Yang saya inginkan hanyalah menambah teman. Maklum kala itu saya yang baru punya anak harus migrasi dari planet Bekasi ke planetnya Ibu Airin khusunya daerah Pamulang. Saat itu yang saya rasakan ialah baru pindah anak kedua harus merasakan sendiri, mau ngomel juga sama tembok doang, mau garuk dan marah suami juga belum pulang kerja haha saya stres sendiri sampai akhirrnya saya secara tidak sengaja melihat ada postingan di Facebook mengenai komunitas ASI di wilayah Tangerang Selatan dan kebetulan sedang merayakan ulang tahun kedua di sekolah anak saya yang pertama. Saya pikir akan banyak ibu baru yang bisa saya kenal dan menjadi teman dalam lingkup wilayah tidak jauh dari tempat tinggal saya.

Dan selama hampir 2 tahun pula, saya seperti menemukan keluarga baru, bahkan hingga ke anak saya. Bahkan di pertengahan tahun kemarin saya diajak untuk masuk dalam jajaran kepengurusan GarASI Kita, hal yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Maklum diantara para pengurus saya masih terhitung baru, tapi kepercayaan orang saya anggap sebagai amanah yang tidak bisa disia-siakan. πŸ™‚

Namun beberapa dari pengurus banyak yang sudah tidak menyusui anaknya secara aktif, karena sudah semakin besar. Sehingga ilmu yang dulu kami dapat saat masih menyusui perlahan mulai menipis bukan? Akhirnya dicetuskanlah untuk membuat mini kelas edukASI bagi pengurus GarASI kita. Kenapa? Karena beberapa dari kami menjadi sangat identik dengan dunia ASI dan menyusui. Dan semua orang taunya bahwa kami sangat mengerti permasalahan mengenai ASI. Faktanya? Hanya Konselor Laktasi GarASI kita yang bisa tau secara tepat info penanganan masalah ASI dan menyusui. Sementara sisanya sudah mulai lupa atau tidak upgrade mengenai ilmu ASI dan menyususi.

Akhirnya berdasarkan hal tersebut,dibuatlah mini EdukASI dalam rangkan menyegarkan ingatan kami akan ilmu ASI dan menyusui. Dengan harapan apabila ada keluhan atau masalah yang hadir di keluarga, teman atau lingkungan terdekat kami bisa memberikan info yang valid sehingga akan banyak Ibu Menyusui dan Ayah ASI yang bisa dibantu permasalahannya dalam kondisi mendesak atau bila perlu dapat dilanjutkan ke Konselor Laktasi.

Maka, tanggal 26 Februari 2017 lalu, bertempat di Community Coffee, Bintaro untuk pertama kalinya dibuat Mini EdukASI dengan tema Penyegaran Materi Menyusui untuk Pengurus GarASI Kita. Pembicara kala itu yakni dua orang, yakni Karima Adesti (Konselor Laktasi) dan Trias Lingga (Konselor Laktasi) yang keduanya juga merupakan bagian dari GarASI Kita.

Materi kali itu dibagi menjadi dua yakni, Penyegaran Materi Menyusui oleh Karima Adesti (Mima) dan Fakta serta Pertanyaan yang sering Timbul saat Menyusui oleh Trias Lingga (Trias).

Sesi pertama dimulai oleh Mima

                          Mima dan Trias sedang mempraktekkan cara menyusui yang benar

Mima memulai sesi pertama dengan memberikan gambaran anatomi Payudara (PD) dimana yang biasanya kita ketahui mungkin hanya bagian eksternal dari PD tapi pernahkan anda tau dimana letak saluran ASI? Letaknya ialah berkumpul dibagian dasar nipple, berdiameter sekitar 2mm dan letaknya dekat dengan kulit. Jumlah saluran ASI sekitar 4-18 buah.

Selain itu ternyata ASI sudah diproduksi sejak kehamilan bulan ke empat (minggu ke 16-22) atau trimester kedua kehamilan. Tapi saat itu junlahnya masih sangat sedikit dan akan meningkat dengan usia kehamilan dan produksi hormon hingga 48-72 jam paska persalinan. YANG ARTINYA??? *drumrolls* Bayi baru lahir sudah dibekali cadangan makanan untuk 3 hari setelah melahirkan. Saya jadi ingat saat Anza dulu lahir saya baru SC dan efek obat bius masih terasa sekali yang membuat saya ingin tidur jadi saya pesan ke Ibu saya, “Bu, jangan ada yang memberikan apapun ke dalam mulutnya. Nanti tunggu ASI nya saja.” Dan benar di hari kedua ASI saya keluar bahkan sudah kencang dan bisa pompa sedikit. Subhannallah bukan, Allah swt sudah sebegitu indahnya memberikan karunianya kepada setiap hamba jauh dari sebelun ia lahir.

Oiya ASI ini akan terus berproduksi, karena sesuai prinsipnya ASI ialah demand dan supply. Jadi selama ada kebutuhan pasti ASI akan terus ada. Lantas apa yang mempengaruhi ASI untui keluar. Ada dua hormon yang mempengaruhi yakni Hormon Prolaktin dan Hormon Oksitoksin

– Hormon Prolaktin ialah hormon yang bertanggung jawab dalam hal produksi ASi, ia berfungsi bila ada stimulus berupa isapan mulut bayi

– Hormon Oksitoksin ialah hormom yang berfungsi mengalirkan ASI. Kerjanya melalui rangsangan berupa ketenangan/emosi si Ibu

Nah penting juga diingat ada beberapa hal yang perlu dilakukan ketika hamil dan paska hamil. Ingat jangan cuma belanja kebutuhan si bayi aja yaaaa hahaha *ini gwe* tapi upgrade juga ilmu saat sebelum dan sesudah melahirkan. Seperti ;

Persiapan ketika hamil

– Rencanakan cuti

– Cari organisasi yang mendukung ASi untuk saling memberikan dukungan *kaya GarASi kita #promoananaknya

– Belajar cara memerah ASI atau mulai mencai pompa ASi atau mendatangi Konselor Laktasi

– Komitmen untuk tetap memberikan ASi meski kembali bekerja

Oiya dalam materi EdukASi ini kita juga diajarkan mengenai POSISI MENYUSUI. Saya pribadi dalam 2 kali diberikan kesempatan menyusui kedua anak saya paling senang ialah posisi sambil boboan terus anak disebelah dan ikut ketiduran sampai pagi. Hahaha.. capcaay cin pabrik. *sroot. Ternyata posisi menyusui itu ada namanya yakni

– Cross Cradle

– Side Lying

– Cradle

– Football

Kalau tadi bicara menyusui, gak pas kalau belum bicara mengenai Perlekatan bayi saat menyusui. Ternyata ada triknya loh bagaimana perleatan yang baik bagi Bayi terhadap PD Ibu saat menyusui, ini yang perlu diingat

Areola, pastikan bahwa yang masuk ke mulut bayi adalah puting dan sebagian besar areola yg berada di bagian bawah mulut bayi, sehinbga areola yang berada diatas mulut bayi lebih banyak terlihat

Mulut, pastikan bahwa mulut bayi terbuka lebar dan menempelkan pada PD Ibu

Bibir, pastikan bahwa baik bibir atas maupun bibir bawah bayi terputar keluar dan tidal terlipat kedalam

Dagu, pastikan dagu bayi menempel pada PD Ibu.

Nah saat menyusui terkadang suka takut anak ini sudah cukup atau belum yaaaa ASInya? Ingat aja lambung bayi baru lahir hanya sebesar kelereng dan bisa dilihat dari tabel dibawah ini.

Tabel kecukupan ASI

Tips penting lagi niih dari Mima terkadang ASI ada yang belum keluar atau keluar sedikit nah para Ibu Menyusui ini disarankan untuk melakukan Pijat Oksitoksin. Biasanya untuk membuat kondisi ibukebih tenang dan rileks sehingga yang diharapkan hormon Oksitoksin meningkat sehingga kadar ASI juga meningkat.

Cara pijatan Oksitoksin. Pict courtesy of Sintya Dyta

Untuk para Ibu menyusui penting untuk mengetahui cara memijat PD dan belajar tehnik Marmet. Apa itu Tehnik Marmet? Yakni mengkombinasikan pemijatan PD dengan tehnik memerah ASI secara bergantian. Selain itu juga para Ibu Menyusui harus mengerti bagaimana penyimpanan ASIP yang benar

Tabel Penyimpanan ASi

Oiya, Mima juga berbagi cerita betapa pentingnya keamanan donor ASI ditengah maraknya kebutuhan akan berbagi ASI sesama para ibu menyusui. Kenapa? Karena banyaknya kebutuhan akan ASI seringkali mengabaikan beberapa persyaratan bagi Pendonor ASI. Selain persyaratan dalam sisi agama ternyata cukup banyak loh persyaratan laiinnya seperti apakah memiliki kontraindikasi menyusui, mengkonsumsi obat atau dalam perawatan medis tertentu dan banyak hal lain yang acapkali abai oleh pihak yang membutuhkan donor asi.

Banyak yang masih bingung apa kriteria menjadi pendonor yang baik, dan apa saja yang harus dilakukan bila kita mau jadi pendonor ASi. Tapi pertanyaan seputar dunia ASI dan menyusui tidak hanya terbatas pada urusan donor ASI saja, namun ada banyak Fakta dan pertanyaan mengenai ASI dan menyusui lainnya yang terkadang masih membingungkan seperti kalau hamil lagi tapi masih ingin menyusui aku harus gimana, atau ASIku seret nih, booster ASI nya apa ya? 

Dan saya rasa sejuta tanda tanya dibenak anda para Ibu menyusui dan Ayah ASi bukan? Hehe

Tenang! kamu tidak sendiri…

Karena GarASI kita akan mengadakan sesi kelas Mini EdukASI dalam materi Menyusui khusus untuk anda ara Ibu yang haus akan informasi menyusui yang benar.

Catat tanggalnya yaa.

πŸ‘ΆπŸ» *Mini Kelas EdukASI* πŸ‘ΆπŸ»
πŸ—“ Minggu, 19 Maret 2017

⏰ pkl. 11:00-13:30 wib

πŸ“Œ Community Coffee, Bintaro
Materinya apa aja sih mamaks πŸ€” please note ya..
πŸ‘‰ Breastfeeding basics, mulai dari pelekatan, posisi menyusui, manajemen ASIP, breastfeeding myth vs fact, breastfeeding FAQ sampai tata cara donor ASI & payung hukum πŸ‘ˆ
Tuh, lengkap kannn 😎 
Oh iyaaa… it’s *free* for all members alias keluarga #garASIkiTa πŸ’ƒπŸ»
Sedangkan utk non-member, biaya partisipASI hanya Rp 35.000,- saja lho mommies πŸ€—
Untuk pendaftaran, sila hubungi cp kami by wa:

πŸ™‹πŸ» *Veby 08567897768

Ssttt… tempat terbatas sis 😚 so, grab it fast…
πŸ’ž GarASIkiTaΒ©

Jadi jangan sampai anda ketinggalan ya, karena yuk mari kita belajar dan mengedukASi diri kita bagaimana menyusui yang baik agar kita bisa memberikan yang terbaik bagi si buah hati

GarASI Kita Committee

*Terima kasih Trias dan Mima untuk sharingnya, aku ambil beberapa ilmu kalian untuk di sharing disini

Maret, 2017
A. Sabhrina

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s